Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pinjaman Tanpa Agunan dan Bunga ala RIDO, Cek Syarat dan Plafon Maksimal

Berikut sasaran, syarat, dan plafon maksimal program pinjaman tanpa agunan dan bunga yang ditawarkan paslon Ridwan Kamil-Suswono (RIDO).
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil saat konferensi pers di Jakarta Selatan, Minggu (1/9/2024). JIBI/Anshary Madya Sukma
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil saat konferensi pers di Jakarta Selatan, Minggu (1/9/2024). JIBI/Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) memiliki program Pinjaman Tanpa Agunan dan Bunga. Berikut sasarannya, syarat, dan plafon maksimal.

Jubir Pasangan RIDO, Fahlino Sjuib mengklaim program Kredit Mesra dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan perekonomian yang lemah, yang difasilitasi melalui rumah ibadah dalam mengakses pembiayaan perbankan. 

"Warga Jakarta, khususnya pelaku usaha ultra mikro perorangan yang belum bankable bisa mendapatkan fasilitas pinjaman tanpa agunan dan tanpa bunga dengan plafon maksimal Rp5 juta dengan jangka waktu pinjaman antara 6-12 bulan," tutur Fahlino dalam keterangan tertulis. 

Kemudian, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha ultra mikro agar dapat mengakses pembiayaan ini. 

Pertama, penerima harus menjadi anggota komunitas rumah Ibadah. Contohnya adalah seperti jamaah dan masyarakat di sekitar rumah ibadah. Kedua, penerima wajib mengikuti dan lulus Pelatihan Kelompok Mikro (PKM). 

Senada dengan pernyataan Fahlino, RK mengungkapkan bahwa kredit mesra akan disasar ke golongan yang tidak bisa meminjam ke bank. 

"Makanya disebutnya kredit kelompok karena ia tidak punya agunan, kalau pake bank konvensional kan minta agunan. Kalau ini kan enggak asal berkelompok, satu, dua, tiga, empat lima," tuturnya kepada wartawan ketika ditemui di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024). 

Jika terdapat kendala, kelompok penerima kredit akan bertanggung jawab secara kolektif. RK juga menegaskan bahwa skema ini terbukti telah berhasil saat diterapkan di Jawa Barat. Program ini dinilai dibutuhkan bagi golongan ekonomi bawah. 

"Saya sampling kemana-mana rata-rata butuh modal untuk golongan ekonomi bawah,” ujar RK.  

Sebagai informasi, Fahlino mengatakan bahwa Kredit Mesra pernah dijalankan di Jawa Barat, kala RK menjadi gubernur. Program ini jadi salah satu upaya kala Pemerintahan Provinsi Jawa Barat memerangi fenomena sosial, kala ketergantungan masyarakat pada pinjol maupun rentenir. 

Di Jawa Barat, Kredit Mesra dikerjasamakan dengan Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank bjb) sejak 2018. Lantaran program ini dinilai sukses, akhirnya program ini direplikasi di empat provinsi lainnya. 

Fahlino kemudian mengaku optimis bahwa program ini dapat diduplikasi lewat kerja sama dengan Bank DKI. Kredit Mesra dikatakan bisa diteruskan di Jakarta. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper