Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Vs Pramono Berebut Suara 'Anak Abah' di Pilkada Jakarta

Setelah gagal melangkah ke Pilkada Jakarta 2024, Anies Baswedan tetap menjadi magnet bagi para paslon yang tengah berkontestasi.
Calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta Pramono Anung dan Rano Karno bertemu dengan Anies Baswedan di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Jakarta, Minggu (1/9/2024) ANTARA/Tim Dokumentasi Pramono Anung - Rano Karno
Calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta Pramono Anung dan Rano Karno bertemu dengan Anies Baswedan di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Jakarta, Minggu (1/9/2024) ANTARA/Tim Dokumentasi Pramono Anung - Rano Karno

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah gagal melangkah ke Pilkada Jakarta 2024, Anies Baswedan tetap menjadi magnet bagi para paslon yang tengah berkontestasi.

Pasalnya, Anies digadang-gadang masih memiliki elektabilitas yang baik di provinsi yang akan melepas status ibu kotanya itu. Menurut berbagai survei, Anies masih paling populer jika maju sebagai calon gubernur.

Namun, gagalnya Anies maju dalam Pilkada Jakarta 2024 menyisakan kantong-kantong suara loyalisnya. Anak Abah, begitulah warga net menyebut dirinya sebagai pendukung setia Anies Baswedan.

Suara dari 'anak abah' ini bisa menjadi penentu bagi para calon gubernur dan wakil gubernur untuk 5 tahun ke depan memimpin Jakarta.

Untuk itu, 2 dari 3 paslon yang bertarung di Pilkada Jakarta masih menjalin silaturahmi yang baik dengan Anies Baswedan.

Bakal Calon Gubernur Ridwan Kamil (RK) menuturkan bahwa dia diagendakan untuk bertemu dengan Anies Baswedan. Namun, Ridwan Kamil menampik bahwa pertemuan itu terkait dengan pembahasan dukungan di Pilkada Jakarta.

RK menuturkan bahwa alasan keinginannya bertemu Anies Baswedan bukan untuk meminta dukungan, melainkan untuk mendapatkan ilmu.

"Tidak melulu ujungnya meminta dukungan, tapi lebih kami menghargai pemimpin-pemimpin Jakarta yang keilmuannya tentunya kami butuhkan jika kami terpilih," ujar RK kepada wartawan di Hutan Kota Plataran, Jakarta Pusat, Senin (16/9/2024).

Pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) juga pernah mengatakan bahwa mereka berjanji melanjutkan program Anies Baswedan jika terpilih.

Maka dari itu, seluruh pendukung sekaligus simpatisan Anies Baswedan dinilai tidak perlu khawatir Ridwan Kamil-Suswono tidak melanjutkan program Anies Baswedan jika terpilih nanti.

"Ide beliau [Anies] akan diteruskan oleh pak RK-Sus," tutur Juru Bicara Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), Mulya Amri.

Telah lebih dulu sebelumnya, Pramono Anung dan Rano Karno telah lebih dulu bertemu dengan Anies Baswedan.

Ketiga tidak sengaja bertemu pada saat berolahraga di Kawasan Senayan pada Minggu (1/9/2024).

Selain Rano dan Anies, dalam momen itu juga nampak Bakal Calon Gubernur Pramono Anung yang turut berbincang dengan keduannya.

"Berolahraga di tengah Kota Jakarta, tak sengaja bertemu Pak @aniesbaswedan. Bapak @aniesbaswedan adalah salah satu Gubernur DKI Jakarta yang ikut membuat Jakarta jadi tempat yang nyaman bagi semua," tulis Rano dalam unggahannya di akun Instagram @si.rano.

Rano Karno pun mengajak Anies untuk bergabung sebagai tim suksesnya di Pilkada Jakarta. Pria yang akrab disapa Bang Doel tersebut mengatakan bahwa dirinya butuh banyak saran dan masukan dari Anies Baswedan yang pernah menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Untuk itu, Doel berencana mengajak Anies untuk bersama dirinya membangun Provinsi DKI Jakarta agar lebih baik.

"Realitanya kan Bang Anies juga paham. Dia udah enggak bisa ikut lagi. Jadi buat apa ditahan-tahan, jadi mendingan kita bareng bangun Jakarta ramai-ramai," tuturnya di Jakarta, Senin (2/9/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper