Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Janji-janji RK, Pramono dan Dharma Pongrekun di Pilgub Jakarta

Ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta telah menebar janji-janji ke warga Jakarta, akankah ditepati?
Komisi Pemilihan Umum (KPU) nyatakan ketiga pasangan calon telah penuhi syarat pada di KPU DKI Jakarta, Jumat (13/9/2024). JIBI/Jessica Gabriela Soehandoko
Komisi Pemilihan Umum (KPU) nyatakan ketiga pasangan calon telah penuhi syarat pada di KPU DKI Jakarta, Jumat (13/9/2024). JIBI/Jessica Gabriela Soehandoko

Bisnis.comJAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengundi nomor urut Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 pada hari ini, Senin (23/9/2024). 

Seperti diketahui, Pilgub Jakarta akan diikuti oleh tiga pasangan calon alias paslon. Ketiga pasangan itu antara lain, Ridwan Kamil-Suswono, Pramono Anung-Rano Karno, serta Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Pasangan RK-Suswono diusung oleh koalisi Indonesia Maju alias KIM Plus. Sementara Pramono-Rano Karno diusung PDI Perjuangan (PDIP), dan Dharma-Kun Wardana adalah calon independen.

Adapun, ketiga kandidat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta mulai memaparkan visi, misi, serta janji politik mereka. Berikut janji politik para pasangan calon Pilgub Jakarta yang dirangkum Bisnis:

Janji Ridwan Kamil-Suswono

Ridwan Kamil (RK) - Suswono memperkenalkan slogan "Jakarta Baru, Jakarta Maju," dalam kampanyenya. Dikatakan bahwa slogan ini mencerminkan untuk membangun Jakarta sebagai kota global, setelah ibu kota berpindah ke Nusantara. 

Pihaknya kemudian menegaskan komitmen mereka untuk memprioritaskan penghijauan di jalan-jalan Jakarta pada dua tahun pertama kepemimpinan, jika nantinya terpilih.

Keduanya juga sempat berkeinginan untuk memperpanjang rute Transjakarta agar masyarakat beralih ke transportasi umum dan macet berkurang dan menggaram Hunian veritikal agar bisa mengurangi jarak tempuh dari rumah ke tempat kerja. 

Pramono Anung-Rano Karno 

Pramono Anung - Rano Karno kemudian mengatakan bahwa pihaknya telah mendiskusikan berbagai tantangan di Jakarta dan memiliki visi misi untuk mewujudkan 'Jakarta Menyala'. 

Pasangan calon tersebut sempat berjanji akan memasang Closed-Circuit Television (CCTV) untuk mengatasi masalah tawuran, narkoba, kekerasan hingga bullying yang tidak diawasi.

Selanjutnya, mereka juga akan menaikan insentif untuk Ketua RT-RW di Jakarta hingga dua kali lipat per bulannya. 

"Kemudian kita akan membuat balai rakyat, kemudian kita akan intensifkan RT RW. Jadi ada beberapa program yang ingin kita lakukan," ucap Bang Doel di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (10/9/2024).

Dharma Pongrekun-Kun Wardhana

Dharma Pongrekun-Kun Wardhana juga menawarkan program Jakarta Tidak Lapar sebagai janji kampanye Pilkada Jakarta 2024. 

Kun Wardhana berpandangan untuk menguatkan jiwa warga Jakarta, maka fisiknya harus diperkuat dengan perut yang kenyang. 

"Kita punya program nanti, Jakarta Tidak Lapar. Semua harus kenyang. Untuk memiliki jiwa yang kuat, ya fisik juga harus kuat," tuturnya di Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Sebelumnya, Kun Wardana juga mengklaim memiliki strategi untuk warga Jakarta Barat agar tidak kebanjiran lagi ketika musim hujan datang. 

Menurut Kun, salah satu strategi tersebut adalah mengendalikan awan yang ada di Bogor dan Jakarta. 

Dia meyakini untuk mengendalikan awan tidaklah sulit seperti yang dikira selama ini, karena sudah ada teknologinya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper