Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Halte Velodrome Tutup Imbas Proyek LRT, Transjakarta Sesuaikan Titik Pemberhentian

PT Transjakarta menyesuaikan titik pemberhentian bus di Halte Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur yang tutup imbas proyek LRT Jakarta fase 1B.
Pekerja melintas di dekat deretan bus TransJakarta di Jakarta, Sabtu (27/8/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pekerja melintas di dekat deretan bus TransJakarta di Jakarta, Sabtu (27/8/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyesuaikan titik pemberhentian bus di Halte Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur yang tutup imbas proyek LRT Jakarta fase 1B Velodrome-Manggarai.

Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta, Wibowo, mengatakan bahwa pihaknya menyediakan bus stop alias titik pemberhentian bus yang baru untuk mengatasi situasi tersebut.

"Dengan penutupan Halte Velodrome akibat proyek LRT Jakarta Fase 1B, kami lakukan penyesuaian titik perhentian bus,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (15/7/2024).

Dia menjelaskan, penyesuaian tersebut akan mencakup layanan Rute 4 (Pulo Gadung - Galunggung) yang dialihkan untuk melayani bus stop pinggir. Bus arah Galunggung akan berhenti di Bus Stop Velodrome 3, sementara arah Pulo Gadung akan berhenti di Bus Stop Jakarta International Velodrome.

Lebih lanjut, perubahan serupa juga diterapkan untuk Rute 4D (Pulo Gadung - Kuningan). Bus arah Kuningan akan berhenti di Bus Stop Velodrome 3, sementara itu bus arah Pulo Gadung berhenti di Jakarta International Velodrome.

"Penyesuaian ini dilakukan untuk memudahkan mobilitas pelanggan,” pungkas Wibowo.

Berdasarkan catatan Bisnis, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan proyek perpanjangan rute LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai rampung pada kuartal III/2026. 

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal, menjelaskan hingga pekan kedua Juni 2024, pekerjaan LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai sudah mencapai 18,147%. Pada fase ini, jalur LRT akan dibangun sepanjang 6,4 km dengan 5 stasiun, yakni Stasiun Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan berakhir di Stasiun Manggarai.

Risal menuturkan, hingga saat ini progres pengerjaan LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai relatif lancar sehingga tidak meleset dari target yang ditetapkan.

“Kami optimistis proyek ini dapat segera selesai dan dioperasikan pada awal 2027. Harapan kami di kuartal III/2026 sudah dapat dinikmati oleh publik,” tutur Risal dalam keterangan resminya, Rabu (26/6/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper